Python: Pengertian, Contoh Penggunaan, dan Manfaat

Bahasa pemrograman adalah tool yang wajib dikuasai oleh para programmer. Bahasa program atau pemrograman sendiri adalah sekumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer agar bisa melakukan tugas-tugas tertentu dalam menyelesaikan sebuah masalah. Ada banyak bahasa pemrograman, salah satunya adalah Python.

Dalam beberapa tahun terakhir, Python menjadi bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di berbagai belahan dunia. Ia bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari machine learning, pengujian perangkat lunak sampai website.

Lalu, apa sebenarnya Python itu? Apa saja contoh penggunaan dan apa manfaat mempelajarinya? Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini!

Pengertian Python

Python merupakan bahasa pemrograman komputer yang biasa dipakai untuk membangun situs, software/aplikasi, mengotomatiskan tugas dan melakukan analisis data. Bahasa pemrograman ini termasuk bahasa tujuan umum. Artinya, ia bisa digunakan untuk membuat berbagai program berbeda, bukan khusus untuk masalah tertentu saja.

Karena sifatnya yang serba guna dan mudah digunakan, ia menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Terutama untuk mereka yang masih pemula.

Berdasarkan survei pengembang Stack Overflow tahun 2022, Python menjadi bahasa pemrograman terpopuler keempat. Sebanyak hampir 50% dari responden mengatakan bahwa mereka menggunakan hampir setengah dari waktu kerja mereka dengan menggunakan bahasa pemrograman ini.

Nama Python sendiri berasal dari Monty Python. Ketika Guido van Rossum membuatnya, dia juga sedang membaca skrip Sirkus Terbang Monty Python BBC. Menurutnya nama itu singkat dan sedikit misterius. Karena itulah, sang kreator memilih menggunakan nama tersebut untuk bahasa pemrograman yang dibuatnya itu.

Contoh Penggunaan Python

Python biasa dipakai dalam pengembangan situs dan perangkat lunak, membuat analisis data, visualisasi data dan otomatisasi tugas. Karena sifatnya yang relatif mudah dipelajari, bahasa pemrograman ini digunakan secara luas oleh non-programmer seperti ilmuwan dan akuntan untuk melakukan tugas harian mereka. Misalnya, dalam mengatur keuangan.

Untuk memahami lebih detail contoh penggunaannya, simak penjelasan berikut ini!

Data Analisis dan Machine Learning

Python telah menjadi andalan dalam ilmu data. Bahasa pemrograman ini memungkinkan analisis data untuk melakukan perhitungan statistik yang rumit, membuat visualisasi data serta algoritma machine learning. Ia juga bisa digunakan untuk memanipulasi, menganalisis data, dan menyelesaikan berbagai tugas lain terkait data. Selain itu, ia bisa membantu membangun berbagai visualisasi data yang berbeda. Misalnya, grafik garis dan batang, diagram lingkaran, histogram, dan lain sebagainya.

Pengembangan Web (Web Development)

Python juga sering digunakan untuk mengembangkan back-end sebuah situs atau aplikasi (bagian yang tidak dilihat oleh pengguna). Perannya dalam pengembangan web termasuk pengiriman data dari dan ke server, memproses data dan berkomunikasi dengan server, perutean URL serta memastikan keamanan situs. Selain itu, ia juga menawarkan beberapa framework untuk pengembangan web seperti Flask dan Django.

Otomatisasi Tugas

Jika kamu bosan melakukan tugas yang berulang, kamu bisa mengefisienkan waktu dengan Python. Penulisan kode yang digunakan untuk membangun proses otomatis ini disebut dengan scripting

Dalam dunia coding, otomatisasi ini bisa digunakan untuk memeriksa kesalahan di banyak file sekaligus, mengonversi file, menjalankan matematika sederhana serta menghapus duplikat dalam data.

Bahasa pemrograman ini bahkan bisa digunakan oleh pemula untuk mengotomatiskan tugas-tugas sederhana di komputer. Misalnya, mengganti nama file, mencari atau mengunduh konten online hingga mengirimkan email atau pesan dengan interval waktu yang diinginkan.

Menyelesaikan Berbagai Tugas Harian

Python tidak hanya milik para programmer dan data scientist saja. Mempelajarinya bisa memberikan peluang baru bagi profesi lain. Beberapa tugas yang bisa kamu otomatisasi dengan bahasa pemrograman ini antara lain:

  • Memantau pasar saham atau harga kripto.
  • Mengirimi dirimu sendiri pesan pengingat untuk membawa payung setiap kali hujan.
  • Memperbarui daftar belanjaan bahan makanan di rumah.
  • Mengganti nama file dalam jumlah banyak.
  • Mengubah file teks menjadi spreadsheet dan masih banyak lagi.

Manfaat Mempelajari Python

Jika kamu ingin mempelajari bahasa pemrograman, Python adalah salah satu yang wajib diprioritaskan. Mengapa demikian? Apa saja manfaat mempelajarinya?

Peluang Mendapatkan Pekerjaan dengan Gaji Besar

Menurut situs Indeed, Python adalah bahasa pemrograman dengan bayaran tertinggi kedua. Dengan memiliki keahlian ini, kamu bisa melamar pekerjaan di perusahaan besar dengan gaji yang menggiurkan.

Mudah Dipahami

Salah satu manfaat Python adalah kemudahannya. Tidak hanya mudah dipahami, ia juga mudah digunakan. Sintaksnya menggunakan bahasa Inggris sehingga mudah dipelajari.

Selain itu, ia juga bisa menangani kompleksitas dengan baik. Dan yang terpenting, sifatnya itu gratis dan open-source.

Fleksibel

Python tidak hanya mudah dipelajari tapi juga fleksibel. Ada lebih dari 125.000 library dari pihak ketiga yang memungkinkan kamu menggunakannya untuk machine learning, pemrosesan website bahkan biologi.

Selain itu, library yang berfokus pada data seperti pandas, NumPy dan matplotlib membuatnya sangat mudah memproses, memanipulasi serta memvisualisasikan data. Itulah sebabnya banyak orang yang suka menggunakannya dalam analisis data.

Digunakan di Berbagai Sektor Industri

Berkat fleksibilitasnya, bahasa pemrograman ini dimanfaatkan oleh berbagai sektor industri. Tidak hanya terbatas pada data science saja melainkan juga di bidang

  • keuangan dan trading;
  • komputasi ilmiah dan matematis;
  • pengembangan website;
  • otomatisasi dan administrasi sistem;
  • grafik komputer;
  • pengembangan game dasar; dan
  • pemetaan dan geografi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top